Secara umum pengetahuan dikembangkan berdasarkan 4 (empat) tipe umum pengetahuan : Faktual. Konseptual, Prosedural dan Metakognitif.
Pengetahuan Faktual adalah pengetahuan akan elemen-elemen content yang terisolasi, yakni bagian-bagian kecil dari informasi. Meliputi pengetahuan akan terminologi (peristilahan) dan pengetahuan akan "bentuk-bentuk pengetahuan yang terorganisir yang lebih kompleks". Meliputi pengetahuan akan klasifikasi dan kategori, prinsip dan generalisasi, dan teori, model dan struktur.
Pengetahuan Konseptual adalah pengetahuan akan hubungan intern antara elemen-elemen dasar didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara bersama.
Pengetahuan Prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana berbuat sesuatu. Meliputi pengetahuan akan keterampilan-keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan akan kriteria yang digunakan untuk menentukan dan membenarkan "kapan melakukan apa" dalam ilmu disiplin dan wilayah spesifik.
Pengetahuan Metakognitif adalah pengetahuan mengenai cognition (pengertian) secara umum serta kesadaran dan pengetahuan mengenai pengertian diri seorang. Meliputi pengetahuan yang strategis; pengetahuan mengenai tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan bersyarat dan pengetahuan kontekstual; dan pengetahuan diri.
Demikian uraian tentang struktur taksonomi dari dimensi pengetahuan, semoga bermanfaat.
Tipe Utama dan Sub Tipe
|
Contoh-contoh
|
A. Pengetahuan
Faktual - yakni siswa-siswa elemen dasar harus tahu untuk dikenalkan
dengan ilmu disiplin atau mengatasi masalah-masalah didalamnya.
|
|
AA. Pengetahuan terminologi
|
Kosa kata teknis, simbol-simbol musik, sumber daya alam
utama, sumber-sumber informasi yang terpercaya.
|
AB. Pengetahuan rincian
spesifik dan elemen-elemen.
|
|
B. Pengetahuan
Konseptual - yakni Hubungan-hubungan intern diantara elemen-elemen dasar
didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara
bersama.
|
|
BA. Pengetahuan klasifikasi
dan kalegori.
|
Periode - periode waktu geologi, bentuk- bentuk
kepemilikan usaha bisnis. Dalil phytagoras, hukum suplai dan permintaan.
Teori evolusi, struktur Kongres.
|
BB. Pengetahuan prinsip dan
generalisasi - generalisasi.
|
|
BC. Pengetahuan teori,
model, dan struktur
|
|
C. Pengetahuan
Prosedur - yakni Bagaimana melakukan sesuatu, metode pertanyaan, dan
kriteria menggunakan ketrampilan-ketrampilan, algoritma, teknik dan metode.
|
|
CA. Pengetahuan
ketrampilan-ketrampilan spesifik subyek dan algoritma.
|
Ketrampilan-ketrampilan yang digunakan dalam pelukisan
dengan warna-warna air, seluruh jumlah algoritma divisi. Teknik - teknik
pewawancaraan, metode ilmiah. Kriteria yang digunakan untuk menentukan kapan
menerapkan suatu prosedur yang melibatkan hukum kedua Newton, kriteria yang
digunakan untuk menilai kepraktisan penggunaan metode tertentu untuk
memperkirakan biaya-biaya bisnis.
|
CB. Pengetahuan
teknik-teknik spesifik subyek dan metode.
|
|
CC. Pengetahuan kriteria
untuk menentukan kapan menggunakan prosedur-prosedur dengan benar.
|
|
D. Pengetahuan
Metakognitif - yakni pengetahuan mengenai cognition (pengertian) secara
umum serta kesadaran dan pengetahuan mengenai cognition / pengertian orang
sendiri.
|
|
DA. Pengetahuan strategis
|
Pengetahuan outlining (gambaran umum) sebagai
sarana untuk menangkap struktur unit subject matter (mata pelajaran) di
suatu buku teks, pengetahuan mengenai penggunaan heuristic.
|
DB. Pengetahuan
mengenai tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan bersyarat dan
pengetahuan kontekstual.
|
Pengetahuan tipe-tipe tes
tertentu yang dikerjakan guru-guru tertentu, pengetahuan mengenai
permintaan-permintaan kognitif mengenai tugas-tugas yang berbeda.
|
DC. Pengetahuan diri.
|
Pengetahuan yang
mengkritisi essay adalah suatu kekuatan pribadi, sedangkan esay-esay tertulis
adalah kesadaran pribadi; kesadaran tingkat pengetahuan diri seorang.
|
Demikian uraian tentang struktur taksonomi dari dimensi pengetahuan, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment