Secara umum pengetahuan dikembangkan berdasarkan 4 (empat) tipe umum pengetahuan : Faktual. Konseptual, Prosedural dan Metakognitif.
Pengetahuan Faktual adalah pengetahuan akan elemen-elemen content yang terisolasi, yakni bagian-bagian kecil dari informasi. Meliputi pengetahuan akan terminologi (peristilahan) dan pengetahuan akan "bentuk-bentuk pengetahuan yang terorganisir yang lebih kompleks". Meliputi pengetahuan akan klasifikasi dan kategori, prinsip dan generalisasi, dan teori, model dan struktur.

Pengetahuan Konseptual adalah pengetahuan akan hubungan intern antara elemen-elemen dasar didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara bersama.
Pengetahuan Prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana berbuat sesuatu. Meliputi pengetahuan akan keterampilan-keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan akan kriteria yang digunakan untuk menentukan dan membenarkan "kapan melakukan apa" dalam ilmu disiplin dan wilayah spesifik.

Tipe Utama dan Sub Tipe
|
Contoh-contoh
|
A. Pengetahuan
Faktual - yakni siswa-siswa elemen dasar harus tahu untuk dikenalkan
dengan ilmu disiplin atau mengatasi masalah-masalah didalamnya.
|
|
AA. Pengetahuan terminologi
|
Kosa kata teknis, simbol-simbol musik, sumber daya alam
utama, sumber-sumber informasi yang terpercaya.
|
AB. Pengetahuan rincian
spesifik dan elemen-elemen.
|
|
B. Pengetahuan
Konseptual - yakni Hubungan-hubungan intern diantara elemen-elemen dasar
didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara
bersama.
|
|
BA. Pengetahuan klasifikasi
dan kalegori.
|
Periode - periode waktu geologi, bentuk- bentuk
kepemilikan usaha bisnis. Dalil phytagoras, hukum suplai dan permintaan.
Teori evolusi, struktur Kongres.
|
BB. Pengetahuan prinsip dan
generalisasi - generalisasi.
|
|
BC. Pengetahuan teori,
model, dan struktur
|
|
C. Pengetahuan
Prosedur - yakni Bagaimana melakukan sesuatu, metode pertanyaan, dan
kriteria menggunakan ketrampilan-ketrampilan, algoritma, teknik dan metode.
|
|
CA. Pengetahuan
ketrampilan-ketrampilan spesifik subyek dan algoritma.
|
Ketrampilan-ketrampilan yang digunakan dalam pelukisan
dengan warna-warna air, seluruh jumlah algoritma divisi. Teknik - teknik
pewawancaraan, metode ilmiah. Kriteria yang digunakan untuk menentukan kapan
menerapkan suatu prosedur yang melibatkan hukum kedua Newton, kriteria yang
digunakan untuk menilai kepraktisan penggunaan metode tertentu untuk
memperkirakan biaya-biaya bisnis.
|
CB. Pengetahuan
teknik-teknik spesifik subyek dan metode.
|
|
CC. Pengetahuan kriteria
untuk menentukan kapan menggunakan prosedur-prosedur dengan benar.
|
|
D. Pengetahuan
Metakognitif - yakni pengetahuan mengenai cognition (pengertian) secara
umum serta kesadaran dan pengetahuan mengenai cognition / pengertian orang
sendiri.
|
|
DA. Pengetahuan strategis
|
Pengetahuan outlining (gambaran umum) sebagai
sarana untuk menangkap struktur unit subject matter (mata pelajaran) di
suatu buku teks, pengetahuan mengenai penggunaan heuristic.
|
DB. Pengetahuan
mengenai tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan bersyarat dan
pengetahuan kontekstual.
|
Pengetahuan tipe-tipe tes
tertentu yang dikerjakan guru-guru tertentu, pengetahuan mengenai
permintaan-permintaan kognitif mengenai tugas-tugas yang berbeda.
|
DC. Pengetahuan diri.
|
Pengetahuan yang
mengkritisi essay adalah suatu kekuatan pribadi, sedangkan esay-esay tertulis
adalah kesadaran pribadi; kesadaran tingkat pengetahuan diri seorang.
|
Demikian uraian tentang struktur taksonomi dari dimensi pengetahuan, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment