Thursday 31 March 2016

STRUKTUR TAKSONOMI

Kategori Dimensi Pengetahuan
Secara umum pengetahuan dikembangkan berdasarkan 4 (empat) tipe umum pengetahuan : Faktual. Konseptual, Prosedural dan Metakognitif.
Pengetahuan Faktual adalah pengetahuan akan elemen-elemen content yang terisolasi, yakni bagian-bagian kecil dari informasi. Meliputi pengetahuan akan terminologi (peristilahan) dan pengetahuan akan "bentuk-bentuk pengetahuan yang terorganisir yang lebih kompleks". Meliputi pengetahuan akan klasifikasi dan kategori, prinsip dan generalisasi, dan teori, model dan struktur.
 
Pengetahuan Konseptual adalah pengetahuan akan hubungan intern antara elemen-elemen dasar didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara bersama.
Pengetahuan Prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana berbuat sesuatu. Meliputi pengetahuan akan keterampilan-keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan akan kriteria yang digunakan untuk menentukan dan membenarkan "kapan melakukan apa" dalam ilmu disiplin dan wilayah spesifik.
Pengetahuan Metakognitif adalah pengetahuan mengenai cognition (pengertian) secara umum serta kesadaran dan pengetahuan mengenai pengertian diri seorang. Meliputi pengetahuan yang strategis; pengetahuan mengenai tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan bersyarat dan pengetahuan kontekstual; dan pengetahuan diri.

Tipe Utama dan Sub Tipe
Contoh-contoh
A. Pengetahuan Faktual - yakni siswa-siswa elemen dasar harus tahu untuk dikenalkan dengan ilmu disiplin atau mengatasi masalah-masalah didalamnya.
AA. Pengetahuan terminologi
Kosa kata teknis, simbol-simbol musik, sumber daya alam utama, sumber-sumber informasi yang terpercaya.
AB. Pengetahuan rincian spesifik dan elemen-elemen.
B. Pengetahuan Konseptual - yakni Hubungan-hubungan intern diantara elemen-elemen dasar didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara bersama.
BA. Pengetahuan klasifikasi dan kalegori.
Periode - periode waktu geologi, bentuk- bentuk kepemilikan usaha bisnis. Dalil phytagoras, hukum suplai dan permintaan. Teori evolusi, struktur Kongres.
BB. Pengetahuan prinsip dan generalisasi - generalisasi.
BC. Pengetahuan teori, model, dan struktur
C. Pengetahuan Prosedur - yakni Bagaimana melakukan sesuatu, metode pertanyaan, dan kriteria menggunakan ketrampilan-ketrampilan, algoritma, teknik dan metode.
CA. Pengetahuan ketrampilan-ketrampilan spesifik subyek dan algoritma.
Ketrampilan-ketrampilan yang digunakan dalam pelukisan dengan warna-warna air, seluruh jumlah algoritma divisi. Teknik - teknik pewawancaraan, metode ilmiah. Kriteria yang digunakan untuk menentukan kapan menerapkan suatu prosedur yang melibatkan hukum kedua Newton, kriteria yang digunakan untuk menilai kepraktisan penggunaan metode tertentu untuk memperkirakan biaya-biaya bisnis.
CB. Pengetahuan teknik-teknik spesifik subyek dan metode.
CC. Pengetahuan kriteria untuk menentukan kapan menggunakan prosedur-prosedur dengan benar.
D. Pengetahuan Metakognitif - yakni pengetahuan mengenai cognition (pengertian) secara umum serta kesadaran dan pengetahuan mengenai cognition / pengertian orang sendiri.
DA. Pengetahuan strategis
Pengetahuan outlining (gambaran umum) sebagai sarana untuk menangkap struktur unit subject matter (mata pelajaran) di suatu buku teks, pengetahuan mengenai penggunaan heuristic.
DB. Pengetahuan  mengenai tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan bersyarat dan pengetahuan kontekstual.
Pengetahuan tipe-tipe tes tertentu yang dikerjakan guru-guru tertentu, pengetahuan mengenai permintaan-permintaan kognitif mengenai tugas-tugas yang berbeda.
DC. Pengetahuan diri.
Pengetahuan   yang    mengkritisi essay adalah suatu kekuatan pribadi, sedangkan esay-esay   tertulis    adalah kesadaran pribadi; kesadaran tingkat pengetahuan diri seorang.

Demikian uraian tentang struktur taksonomi dari dimensi pengetahuan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment