Wednesday 18 May 2016

PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA

Jika dilihat dari pengertian dua hal tersebut sangat berbeda sekali, hal ini terlihat dari fungsi dan perannya.


Media pembelajaran adalah sarana untuk memberikan perangsang bagi si belajar supaya proses belajar terjadi (Brigg).
Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan di pelajar, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan dan terkendali (Miarso, 2005:458).

Pada dasarya ada 2 (dua) jenis dari media :
  1. By Design ; Media pembelajaran yang SENGAJA DIRANCANG khusus untuk tujuan pembelajaran. Misalnya buku pelajaran, modul, media presentasi, program video dan sebaginya.
  2. By Utilization ; Media pembelajaran yang BUKAN DIRANCANG untuk tujuan pembelajaran, namun sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Misalnya seni pertunjukan, pasar, koran, televise dan sebagainya.


Sedangkan Alat peraga adalah alat bantu (benda) yang berfungsi membantu proses belajar mengajar, agar siswa memperoleh pengalaman kongkrit.

Perbedaannya terletak pada peran guru atau pendidik, bahwa media pembelajaran dirancang untuk bisa digunakan oleh si belajar langsung tanpa dibantu oleh guru atau pendidik. Sedangkan alat peraga membutuhkan guru atau pendidik untuk penggunaannya karena bersifat alat bantu mengajar.


Demikian ulasan singkat tentang perbedaan media pembelajaran dan alat peraga, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment