Thursday, 31 March 2016

SISTEM INSTRUKSIONAL

Menggunakan konsep sistem dalam kegiatan instruksional menghasilkan pemahaman yang oleh Smaldino, Sharon E, Russel, James D, Heinich, Robert, dan Molenda, Micheal (2005, hal.25) dinyatakan bahwa sebagai interrelated component that work together, effectivelly and reliably, within a particular framework to provide learning activities necessary to acomplish a learning goal.
Sebagai contoh, berbagai jenis kegiatan dalam instruksional seperti tatap muka, kegiatan instruksional melalui televisi dan radio, paket belajar mandiri, berbasis web (internet/intranet), instruktional dalam laboratorium, workshop, seminar dan teleconferencing. Komponen dari setiap jenis kegiatan itu berbeda atau tidak seluruhnya sama. Namun sama-sama memiliki tujuan, alat evaluasi, isi, metode, media/alat dan waktu instruksional. Komponen tersebut memiliki fungsi dan juga terintegrasi serta berintegrasi sebagai satu kesatuan yang mengarah pada pencapaian tujuan instruksional.

STRUKTUR TAKSONOMI

Kategori Dimensi Pengetahuan
Secara umum pengetahuan dikembangkan berdasarkan 4 (empat) tipe umum pengetahuan : Faktual. Konseptual, Prosedural dan Metakognitif.
Pengetahuan Faktual adalah pengetahuan akan elemen-elemen content yang terisolasi, yakni bagian-bagian kecil dari informasi. Meliputi pengetahuan akan terminologi (peristilahan) dan pengetahuan akan "bentuk-bentuk pengetahuan yang terorganisir yang lebih kompleks". Meliputi pengetahuan akan klasifikasi dan kategori, prinsip dan generalisasi, dan teori, model dan struktur.
 
Pengetahuan Konseptual adalah pengetahuan akan hubungan intern antara elemen-elemen dasar didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara bersama.
Pengetahuan Prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana berbuat sesuatu. Meliputi pengetahuan akan keterampilan-keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan akan kriteria yang digunakan untuk menentukan dan membenarkan "kapan melakukan apa" dalam ilmu disiplin dan wilayah spesifik.

Monday, 28 March 2016

CARA REMOTE KOMPUTER

Aplikasi Splashtop Untuk Remote PC/Laptop


Salah satu cara memberikan pengaruh positif pada audient atau pendengar disaat presentasi adalah bagaimana cara kita memaparkan materi presentasi agar lebih interaktif dan menarik. Hal ini tentu tidak asing lagi bagi seorang bisnisman, sales, dan juga guru atau pendidik.
Kesempatan kali ini saya mencoba berbagai dan memberikan tutorial singkat satu lagi aplikasi berbasis android yang bisa membantu pendidik dalam pembelajaran. Aplikasi ini bernama Splashtop, dan mungkin diantara kita sudah banyak mengetahuinya. 
Ada beberapa alasan mengapa aplikasi ini bisa digunakan oleh pendidik (guru), diantaranya bahwa (1) umumnya guru saat ini sudah menggunakan alat komunikasi berbasis android (2) aplikasi ini sebagai solusi dalam menghemat biaya dibandingkan harus membeli media presentasi interaktif yang harganya lebih mahal seperti interactive whiteboard dan lainnya (3) guru tidak asing lagi menggunakan email sebagai fasilitas komunikasi data (4) aplikasi ini sangat mudah digunakan/friendly (5) aplikasi ini tidak membutuhkan data internet yang besar (hanya untuk keperluan login yang akan menghubungkan smartphone dan PC).

Saturday, 26 March 2016

Media Presentasi Guru


Aplikasi Video Scribe
Bagi seorang guru, kemampuan dalam menyampaikan materi pelajaran sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Sebagai guru profesional tentu hal ini dapat dilakukan dengan metode, strategi, pendekatan dan media ajar yang sangat komplek sehingga guru dituntut untuk lebih cerdas dalam mengatur strategi. Salah satu cara yang ditempuh adalah melalui media presentasi yang baik dan menarik, baik berupa media konvensional maupun berbasis teknologi.
Software Presentasi adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat file presentasi, biasanya digunakan untuk menerangkan, mengajar atau presentasi sebuah projek. Kegunaan dan manfaat Perangkat Lunak / Software Presentasi sangat banyak sekali dalam dunia usaha, pendidikan, kesehatan, teknik dan sebagainya, antara lain :

Wednesday, 23 March 2016

SUBSTANSI FILSAFAT ILMU

A. Filsafat sebagai landasan pemikiran
Menurut pengertian umum, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran. Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang hakikat. Dengan pengertian khusus, filsafat telah mengalami perkembangan yang cukup lama dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang kompleks maka timbul berbagai pendapat tentang arti filsafat dengan kekhususan masing-masing. Berbagai pendapat khusus tentang filsafat :
  • Rasionalisme yang menggunakan akal
  • Materialisme yang menggunakan materi
  • Idealisme yang menggunakan idea
  • Hedonisme yang menggunakan kesenangan
  • Stoikisme menggunakan tabiat saleh

Adapun filsafat sebagai landasan pemikiran dibuktikan secara rasionalisme oleh orang-orang sofis diantaranya :

Wednesday, 16 March 2016

PENDEKATAN SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

Manusia merupakan makhluk sosial yang diberikan berbagai potensi oleh Tuhan untuk mengembangkan diri dalam kehidupannya. Sebagai animal educandum, maka manusia pada dasarnya dapat dan harus dididik serta dapat mendidik dirinya sendiri dalam proses pengembangan dirinya. Mengingat potensi yang dimiliki manusia, maka harus dibekali dengan pendidikan yang cukup dini. Disisi lain banyak terjadi perubahan dalam kehidupan masyarakat seiring kemajuan globalisasi.

Tuesday, 15 March 2016

Filsafat Ilmu


1. Pengertian Filsafat Ilmu
Hakekat manusia adalah berpikir, setiap saat dari hidupnya, sejak lahir sampai ke liang lahat. Hampir taka da masalah yang terlepas dari jangakauan pemikirannya.Karena berpikir pada dasarnya merupakan proses yang membuahkan pengetahuan. Proses ini merupakan serangkaian gerak pemikiran dalam mengikuti jalan pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan yang berupa pengetahuan. Berbagai masalah yang telah dipecahkan sebagai hasil pemikiran manusia telah membuahkan banyak karya-karya monumental. Dan sebenarnya berapapun banyak atau beraneka ragamnya buah pemikiran manusia pada hakekatnya adalah upaya manusia dalam memperoleh pengetahuan yang didasarkan pada tiga masalah pokok yaitu : Apakah yang ingin diketahui? Bagaimanakah kita memperolehnya? dan apakah kegunaan atau manfaatnya bagi kita? Ketiga pertanyaan itulah yang mendasari cara berpikir filsafat.

Sunday, 13 March 2016

KETENTUAN UMUM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Pada dasarnya angka kredit jabatan fungsional guru diperoleh dari 4 (empat) jenis kegiatan pokok yaitu Pendidikan, Pembelajaran (PKG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Kegiatan Penunjang (Mak.10% AKK). Salah satu kegiatan guru dalam memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat adalah melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang terdiri dari :
  1. Pengembangan Diri (PD)
  1. Publikasi Ilmiah (PI) dan ;
  1. Karya Inovatif (KI). 

Saturday, 12 March 2016

BERBAGI FOTO DENGAN PANORAMIO

Panoramio Untuk Pendidikan
Panoramio merupakan salah situs berbagi foto milik google yang berorientasikan geolokasi untuk membantu kita dalam perjalanan atau merencanakan perjalanan (touring). Foto-foto yang telah diunggah (upload) sebelumnya kedalam akun Panoramio bisa diakses melalui berbagai cara seperi melihatnya langsung melalui situs web panoramio, melalui Google Maps, Google Earth ataupun yang lainnya.
Dengan kemajuan teknologi dan sumber data yang dibagikan (share) maka Panoramio bisa dijadikan salah satu sumber belajar selain membantu kita dalam perjalanan. Sejalan perkembangan teknologi dan gadget atau divice telekomunikasi, tentu fitur Panoramio terus dikembangkan untuk memudahkan dan memanjakan pengguna. Sebagai pendidik, tentunya sumber informasi yang berorientasi geolokasi ini sangat membantu dalam memberikan informasi yang akurat kepada peserta didik, khususnya pada mata pelajaran IPS atau Geografi.

INSTRUMEN DUPAK PERMENPAN No.16 Th.2009

Seiring perjalanan waktu, syukur bersyuku rekan-rekan guru khususnya didaerah sudah mulai dan mau belajar untuk meningkatkan kompetensi, serta menyadari tugas dan kebutuhannya.
Sehubungan banyaknya rekan-rekan guru yang bertanya tentang proses pengerjaan Daftar Usul Perhitungan Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Fungsional Guru serta blanko pemberkasan yang biasa digunakan, maka saya coba bantu menyiapkan beberapa blanko yang diperlukan. 
Semoga bermanfaat.

Silakan klik link dibawah ini untuk didownload.
Instrumen PK Kepsek >> Klik disini 

Instrumen PK Wakasek >> Klik disini 
Instrumen PK Labor >> Klik disini 

Thursday, 10 March 2016

MENDU NATUNA

Kesenian Mendu
Mendu merupakan salah satu budaya Melayu Natuna bernuansa kerakyatan dengan menggunakan berbagai media ekspresi seperti teater, tarian dan musik. Teater yang tergolong dalam kelompok seni pertunjukan rakyat ini yang memiliki ciri khusus yaitu pementasannya didahului dengan bunyi tabuhan gendang untuk mengundang penonton, pembukaan dengan nyanyian dan tarian, memperkenalkan para pemain satu persatu, dan nyanyi bersama yang dipimpin  oleh pemain utama sekaligus sebagai sutradara yang menyampaikan jalan cerita yang terdiri dari beberapa bagian atau babak cerita. Babak penyelesaian adegan berupa pertempuran, kemenangan dan kekalahan, yang ditutup dengan adegan penutup yaitu ditutupnya layar bagian akhir dari pertunjukan mendu.

Wednesday, 9 March 2016

CARA MEREKAM SCREEN ANDROID

Lollipop Screen Recording Untuk Media Pembelajaran
Berbagai cara bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran agar lebih menarik, diantaranya menyisipkan video tutorial yang bisa direkam dari gadget android anda. Salah satu aplikasi android yang bisa dimanfaatkan yaitu Lollipop ScreenRecording yang bisa diperoleh dari Google Play.

Berikut ini langkah sederhana untuk mendownload dan membuat rekaman pada gadget android anda. Dibawah ini video tutorialnya.



Penyebab Anak Malas Belajar


Memahami anak sebagai individu yang sedang menjalani tahapan-tahapan dalam masa pertumbuhannya, diperlukan kesabaran ekstra. Demikian pula ketika mendapati anak yang telah memasuki usia sekolah begitu malas belajar. Mengandalkan guru untuk menyelesaikan masalah? Tentu tak bisa begitu.

Robert D.Carpenter MD salah seorang peneliti yang pernah mengadakan pengamatan terhadap perkembangan belajar murid sekolah dasar di California, Amerika Serikat. Dalam pengamatannya ditemukan adanya penyebab mengapa anak-anak kerap mengalami masalah dalam belajar yang cenderung membuat mereka jadi malas. Berikut ini empat penyebab yang kerap terjadi dan menyebabkan anak malas belajar.



1. Komunikasi tidak efektif

Ingat, target kita berkomunikasi adalah memastikan bahwa ‘pesan’ yang ingin kita sampaikan kepada penerima pesan (anak) diterima dengan benar. Tentu orangtua ingin agar anak mengerti, menyukai dan melakukan apa-apa yang dipikirkan orangtua. Komunikasi yang efektif juga bisa mengungkapkan kehangatan dan kasih sayang orangtua, misalnya, “Ayah bangga sekali, kamu sudah berusaha keras belajar di semester ini.”
Coba ingat-ingat bagaimana pola komunikasi yang kita bangun selama ini. Sudahkah anak-anak menangkap pesan yang kita sampaikan sesuai dengan yang kita maksud?

Tips Sukses Menjadi Guru ala Gisele Glosser

Pada kesempatan ini saya mencoba berbagi tips sukses bagi guru menurut Gisele Glosser yang diadopsi dari beberapa tulisan sumber yang ada. Dibawah ini beberapa hal yang dapat dijadikan tips oleh guru dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.
  1. Berpikir kritis dan usaha yang jujur lebih penting daripada jawaban yang benar. Cobalah untuk tidak mengerutkan kening ketika siswa memberikan jawaban yang salah atau keliru. Mengerutkan kening seringkali ditafsirkan sebagai bahasa isyarat penolakan yang dapat menghambat siswa untuk berpartisipasi dalam mengekspresikan pemikirannya. 
  2. Tidak ada pengajaran tanpa pengendalian. Lebih baik Anda bersusah payah pada hari-hari awal masuk sekolah untuk menemukan cara-cara terbaik dalam mengelola kelas dan mendisiplinkan siswa, daripada Anda harus melakukan perjuangan berat sepanjang semester karena Anda tidak berhasil menemukan cara yang paling efektif dalam pengelolaan kelas.

Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Dasar pelaksanaan PKG adalah Permenpan-RB 16/2009. PK Guru adalah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya.
Pelaksanaan PKG meliputi penilaian formatif dan sumatif. Dalam satu tahun pelajaran, sekurang-kurangnya sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada awal dan akhir tahun pelajaran yang artinya setiap semester guru akan dinilai kinerjanya.

Tujuan dan fungsi PKG adalah :
  1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah.
  2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan atau pelaksanaan tugas tambahan yang dilakukan pada tahun penilaian.

Monday, 7 March 2016

Perkalian Dengan Jari Tangan

Assalamualaikum wr.wb.

Untuk mengisi waktu luang kali ini saya mencoba berbagi ilmu untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan, khususnya perkalian menggunakan jari tangan kita.
Tuhan menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna dengan berbagai manfaat yang ada pada tubuh manusia, agar kita berpikir dan bersyukur dengan segala karunia-Nya. Terkadang kita lupa atau bahkan mengingkari keunggulan kita sebagai manusia dari makhluk lainnya yang diciptakan Tuhan.
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita melakukan penghitungan dan saat sibuk, panik atau diburu waktu, terkadang kita salah dalam melakukan penghitungan yang bahkan sederhana sekali. Kebiasaan dan ketergantungan dengan teknologi (alat hitung kalkulator) membuat kita lupa bahwa bagian tubuh kita bahkan bisa menjadi alat hitung yang sederhana, efektif dan efisien. 

Berikut ini saya mencoba berbagai ilmu cara berhitung sederhana ( 7 x 9 ) dengan memanfaatkan "jari tangan" untuk perkalian 6 hingga 10.

Posting Pertama dari Blog Kedua

Assalamualaikum wr.wb.

Setelah beberapa tahun (sejak 2014) tidak menulis berita atau informasi di Blog karena berbagai kesibukan dan beberapa kendala yang ada, kini saya mencoba kembali aktif di dunia maya melalui blog baru ini.
Sebagai profesi pendidik tentu saya dituntut untuk lebih banyak menulis dan berbagi ilmu, yang tidak hanya terbatas pada aspek pendidikan. Ilmu pengetahuan dan informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan mengingat ilmu pengetahuan merupakan dasar dalam memberikan informasi dengan benar dan baik. Sebaliknya, informasi yang tersedia sebagai jembatan dalam membentuk ilmu pengetahuan baru.