Tuesday, 13 December 2016

PLAGIAT

Halo blogger setia.. kali ini saya mencoba berbagi informasi tentang Plagiat. Mungkin sudah banyak yang membahas tentang hal ini.

Menjiplak atau mengambil karangan, pendapat atau sejenisnya dari orang lain, dan menjadikan seolah-olah karangan sendiri tanpa izin pemilik atau tidak mencantumkan sumber karangan, merupakan tindakan yang tidak baik bahkan bisa dikatakan tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain, terutama dalam dunia pendidikan.

Thursday, 13 October 2016

Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Membuat Karya Tulis

Perkembangan teknologi informasi semakin cepat sehingga menuntut ketersediaan fasilitas dan sumber informasi dan data yang akurat serta aktual. Bagi seorang penulis tentu sumber informasi sangat dibutuhkan agar data yang disampaikan memiliki dasar ilmiah yang kuat.
Dalam membuat sebuah karya tulis perlu mempersiapkan berbagai hal untuk dapat menyelesaikan tulisan dengan baik, salah satunya ketersediaan informasi pendukung dari media internet yang berupa jurnal ilmiah. Berikut ini beberapa halaman web yang menyediakan jurnal ilmiah yang bisa membantu dalam menyelesaikan karya tulis.
1. Jurnal LIPI
Dunia pendidikan Indonesia tentu mengenal LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang menjadi lembaga pemerintah non kementerian. Lembaga ini menyediakan berbagai jurnal pengetahuan, buku elektronik dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan akses www.lipi.go.id atau untuk jurnal di www.jurnal.lipi.go.id

2. Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional merupakan salah satu institusi yang
menyediakan berbagai buku (konvensional maupun digital) dan jurnal ilmiah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silakan akses website di www.e-resources.perpusnas.go.id

Sunday, 19 June 2016

DESAIN PEMBELAJARAN

Pengertian

Desain Pembelajaran merupakan proses sistematis pengembangan paket pembelajaran menggunakan teori belajar dan teori pembelajaran untuk menjamin terwujudnya pembelajaran yang berkualitas.

Menurut istilah dapat didefinisikan sebagai berikut :
  • Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).
  • Rencana tindakan yang terintegrasi meliputi komponen tujuan, metode dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan (Briggs).
  • Proses untuk merinci kondisi untuk belajar, dengan tujuan makro untuk menciptakan strategi dan produk, dan tujuan mikro untuk menghasilkan program pelajaran atau modul atau suatu prosedur yang terdiri dari langkah-langkah, dimana langkah-langkah tersebut di dalamnya terdiri dari analisis, merancang, mengembangkan, menerapkan dan menilai hasil belajar (Seels & Richey AECT 1994).
  • Suatu proses desain dan sistematis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, serta membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah, yang didasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai teori-teori pembelajaran, teknologi informasi, sistematika analisis, penelitian dalam bidang pendidikan, dan metode-metode manajemen (Morisson, Ross & Kemp 2007).

Sunday, 5 June 2016

DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

Kegiatan belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas dapat berjalan lancar apabila dalam proses pembelajaran si pembelajar menggunakan media, metode, dan strategi pembelajaran yang tepat. Banyak media yang dapat digunakan untuk mewujudkan hal diatas, namun dari semua hal tersebut sangat ditentukan bagaimana cara “menyampaikan pesan” yang sudah dirancang dalam media pembelajaran.

Desain (merancang) adalah menunjukkan suatu proses analisis yg sengaja dilakukan dan terpisah dari proses pelaksaan desain itu sendiri. Tujuan desain adalah untuk menciptakan strategi dan produk pembelajaran, baik pada tingkat makro, misalnya program / kurikulum, maupun pada tingkat mikro, misalnya mata pelajaran dan media.

Monday, 23 May 2016

BEBERAPA ISTILAH DALAM PRODUKSI FILM (VIDEO)

Dalam pembuatan video pembelajaran perlu memperhatikan beberapa istilah yang biasa digunakan, sama halnya dalam produksi film umumnya. Hal ini diperlukan agar film atau video yang dihasilkan sesuai dengan tujuan pembuatannya sehingga dapat dimanfaatkan terutama sebagai media pembelajaran.
Istilah dalam produksi film atau video, antara lain :

  1. SHOOT adalah munculnya gambar di layar TV yang diambil dengan memakai sebuah kamera selama jangka waktu tertentu. 
  2. TWO SHOOT Biasanya dalam naskah ditulis 2­Shoot atau 2s; hanya dua orang saja yang terlihat pada gambar.

PRODUKSI VIDEO PENDIDIKAN

Penulisan naskah secara teoritis merupakan komponen pengembangan media atau secara lebih praktis merupakan bagian dari rangkaian kegiatan produksi media, tahap­tahap perencanaan, desain pengembangan hingga evaluasi.

Sama halnya penulisan pada umumnya, penulisan naskah video ini juga dimulai dengan ide atau topik atau gagasan. Dalam pengembangan instruksional maupun gagasan ini dirumuskan dalam tujuan kegiatan instruksional atau pembelajaran. Konsep dan topik, maupun tujuan yang khusus ini dikembangkan menjadi naskah dan diproduksi program film atau video.

Sunday, 22 May 2016

MEMAHAMI ARTI SIMBOL FLOWCHAT

Flow chart atau diagram alir telah dikenal luas dan umum digunakan untuk menggambarkan alur proses atau langkah-langkah secara berurutan. Banyak digunakan antara lain untuk menggambarkan proses bisnis, langkah-langkah penyelesaian masalah, atau Standard Operational Procedure (SOP).
Namun, kadang sering terjadi kesalahan dalam membuat flow chart. Yang paling fatal yaitu salah dalam menggunakan simbol. Bukankah maksud dari pembuatan diagram atau model itu merepresentasikan sesuatu dalam bentuk yang dapat dipahami secara seragam? Pada tulisan kali ini akan uraikan beberapa simbol yang ada dalam flowchart, arti, dan penggunaannya.

Wednesday, 18 May 2016

PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA

Jika dilihat dari pengertian dua hal tersebut sangat berbeda sekali, hal ini terlihat dari fungsi dan perannya.


Media pembelajaran adalah sarana untuk memberikan perangsang bagi si belajar supaya proses belajar terjadi (Brigg).
Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan di pelajar, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan dan terkendali (Miarso, 2005:458).

PENELITIAN PENGEMBANGAN (RESEARCH AND DEVELOPMENT)

Model Borg and Gall

A. PENDAHULUAN
Ada banyak upaya yang dapat dilakukan oleh setiap insan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya itu adalah dengan melakukan kegiatan penelitin, khususnya penilitian pendidikan. Melalui penelitian, masalah-masalah dalam pendidikan dapat "tertangkap" kemudian ditemukan solusinya. Hal-hal baru yang lebih inovatif dalam pendidikan dapat pula dikembangkan dan diaplikasikan dari sebuah penelitian. Ada beberapa jenis penelitian yang dapat dilakukan, salah satunya adalah penelitian yang bergenre research and development (R&D) / penelitian dan pengembangan.
Pada awalnya, penelitian R&D diterapkan pada dunia industri, dan merupakan ujung tombak dari suatu industri dalam menghasilkan poduk baru yang dibutuhkan oleh pasar. Hampir 4% biaya digunakan untuk penelitian ini, bahkan untuk bidang-bidang tertentu seperti komputer dan farmasi alokasi biayanya dapat melebihi 4% (Borg and Gall, 1989). Sedangkan dalam bidang sosial dan pendidikan, peranan R&D masih sangat kecil yakni kurang dari 1% dari biaya pendidikan secara keseluruhan. Hal ini dianggap sebagai salah satu alasan utama mengapa kemajuan dalam bidang pendidikan agak tertinggal jika dibandingkan dengan bidang lain. Seperti yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1989), Unfortunately, R & D still plays a minor role in education. Less than one percent of education expenditures are for this purpose. This is probably one of the main reasons why progress in education has logged for behind progress in other field.

Sunday, 15 May 2016

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi Dalam Pendidikan

Dampak POSITIF Teknologi Informasi Dalam Pendidikan : 
  1. Informasi yang dibutuhkan menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan
    pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran tumbuh dihadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
  5. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
  6. Munculnya metode pembelajaran baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.

Thursday, 12 May 2016

Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

Evaluasi Diri Sekolah (EDS)  di tiap sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah  (TPS) yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru, Komite Sekolah, orang tua peserta didik, dan pengawas. Proses EDS dapat mengikutsertakan tokoh masyarakat atau tokoh agama setempat. Instrumen EDS ini khusus dirancang  untuk digunakan oleh TPS dalam melakukan penilaian kinerja sekolah terhadap 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang hasilnya menjadi  masukan dan dasar penyusunan  Rencana  Pengembangan Sekolah (RPS) dalam upaya peningkatan kinerja sekolah. EDS sebaiknya dilaksanakan setelah anggota TPS mendapat pelatihan.

Saturday, 23 April 2016

MEDIA PEMBELAJARAN

PENGERTIAN
Media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan maksud untuk menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik ataupun warga belajar). Pesan (informasi) yang disampaikan melalui media, dalam bentuk isi atau materi pengajaran itu harus dapat diterima oleh penerima pesan (anak didik), dengan menggunakan salah satu ataupun gabungan beberapa alat indera mereka. Bahkan lebih baik lagi bila seluruh alat indera yang dimiliki mampu dapat menerima isi pesan yang disampaikan (Latuheru,1988:13).

Secara rinci fungsi media memungkinkan siswa menyaksikan obyek yang ada tetapi sulit untuk dilihat dengan kasat mata melalui perantaraan gambar, potret, slide, dan sejenisnya mengakibatkan siswa memperoleh gambaran yang nyata (Degeng,1999:19).

Tuesday, 5 April 2016

PENELITIAN STUDI KASUS

1. Pengertian

Menurut Bogdan dan Bikien (1982) studi kasus merupakan pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu . Surachrnad (1982) membatasi pendekatan studi kasus sebagai suatu pendekatan dengan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci. Sementara Yin (1987) memberikan batasan yang lebih bersifat teknis dengan penekanan pada ciri-cirinya. Ary, Jacobs, dan Razavieh (1985) menjelasan bahwa dalam studi kasus hendaknya peneliti berusaha menguji unit atau individu secara mendalam. Para peneliti berusaha menemukan sernua variabel yang penting.
Studi kasus (case studi) merupakan penelitian tentang suatu “kesatuan sistem”. Kesatuan ini dapat berupa program, kegiatan, peristiwa, atau sekelompok individu yang terkait dengan tempat, waktu atau ikatan tertentu. Studi kasus adalah penelitian yang diarahkan untuk mengumpul data, mengambil makna dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut. Kasus tersebut sama sekali tidak mewakili populasi dan atau bukan sebuah kesimpulan dari populasi.

Sunday, 3 April 2016

IDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARATERISTIK AWAL PESERTA DIDIK

Perilaku Awal
Siapakah kelompok, populasi atau peserta didik sasaran kegiatan instruksional? dari pertanyaan tersebut dikembangkan dua hal tentang perilaku peserta didik : Pertama; menanyakan peserta didik yang mana atau jenjang apa, Kedua; menanyakan sejauh mana kompetensi, kemampuan atau pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah dikuasai peserta didik sehingga mereka dapat mengikuti kegiatan instruksional tersebut.

Pertanyaan diatas sangat penting dijawab oleh pendesain intruksional sehingga sejak awal sudah dirancang dan disesuaikan dengan peserta didik yang akan mengikuti kegiatan instruksional sehingga menjadi batasan bagi peserta didik yang akan mengikutinya.

Saturday, 2 April 2016

WEB BASED LEARNING

Definisi Web Based Learning


Menurut Susanna Tsai and Paulo Machado dari InkiTiki Corporation dalam artikelnya yang berjudul “E-learning, Online Learning, Web Based Learning, or Distance Learning : Unveiling the Ambiguity in Current Terminology”, definisi mengenai pembelajaran berbasis web (WBL) adalah  “Web-based learning is associated with learning materials delivered in a Web browser,including when the materials are packaged on CD-ROM or other media”. Pembelajaran berbasis web terkait dengan sumber belajar yang disajikan melalui aplikasi web, termasuk jika sumber belajar itu dikemas pada CD-ROM atau media lain.
Pernyataan tersebut sesuai dengan pernyataan Firman Gunawan (2011) dalam buku Mozaik Teknologi Pendidikan, bahwa web based learning adalah suatu system belajar jarak jauh berbasis teknologi informasi melalui antar halaman web.
Begitu juga definisi yang dikemukakan oleh Horton sebagaimana yang tercantum pada jurnal “pembelajaran berbasis web sebagai metoda komplemen kegiatan pendidikan dan pelatihan” oleh Oenardi Lawanto bahwa Pembelajaran berbasis web yang populer dengan sebutan web-based training (WBT) atau kadang disebut web-based education (WBE) dapat didefinisikan sebagai aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan.

Thursday, 31 March 2016

SISTEM INSTRUKSIONAL

Menggunakan konsep sistem dalam kegiatan instruksional menghasilkan pemahaman yang oleh Smaldino, Sharon E, Russel, James D, Heinich, Robert, dan Molenda, Micheal (2005, hal.25) dinyatakan bahwa sebagai interrelated component that work together, effectivelly and reliably, within a particular framework to provide learning activities necessary to acomplish a learning goal.
Sebagai contoh, berbagai jenis kegiatan dalam instruksional seperti tatap muka, kegiatan instruksional melalui televisi dan radio, paket belajar mandiri, berbasis web (internet/intranet), instruktional dalam laboratorium, workshop, seminar dan teleconferencing. Komponen dari setiap jenis kegiatan itu berbeda atau tidak seluruhnya sama. Namun sama-sama memiliki tujuan, alat evaluasi, isi, metode, media/alat dan waktu instruksional. Komponen tersebut memiliki fungsi dan juga terintegrasi serta berintegrasi sebagai satu kesatuan yang mengarah pada pencapaian tujuan instruksional.

STRUKTUR TAKSONOMI

Kategori Dimensi Pengetahuan
Secara umum pengetahuan dikembangkan berdasarkan 4 (empat) tipe umum pengetahuan : Faktual. Konseptual, Prosedural dan Metakognitif.
Pengetahuan Faktual adalah pengetahuan akan elemen-elemen content yang terisolasi, yakni bagian-bagian kecil dari informasi. Meliputi pengetahuan akan terminologi (peristilahan) dan pengetahuan akan "bentuk-bentuk pengetahuan yang terorganisir yang lebih kompleks". Meliputi pengetahuan akan klasifikasi dan kategori, prinsip dan generalisasi, dan teori, model dan struktur.
 
Pengetahuan Konseptual adalah pengetahuan akan hubungan intern antara elemen-elemen dasar didalam struktur yang lebih besar yang memudahkan mereka berfungsi secara bersama.
Pengetahuan Prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana berbuat sesuatu. Meliputi pengetahuan akan keterampilan-keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan akan kriteria yang digunakan untuk menentukan dan membenarkan "kapan melakukan apa" dalam ilmu disiplin dan wilayah spesifik.

Monday, 28 March 2016

CARA REMOTE KOMPUTER

Aplikasi Splashtop Untuk Remote PC/Laptop


Salah satu cara memberikan pengaruh positif pada audient atau pendengar disaat presentasi adalah bagaimana cara kita memaparkan materi presentasi agar lebih interaktif dan menarik. Hal ini tentu tidak asing lagi bagi seorang bisnisman, sales, dan juga guru atau pendidik.
Kesempatan kali ini saya mencoba berbagai dan memberikan tutorial singkat satu lagi aplikasi berbasis android yang bisa membantu pendidik dalam pembelajaran. Aplikasi ini bernama Splashtop, dan mungkin diantara kita sudah banyak mengetahuinya. 
Ada beberapa alasan mengapa aplikasi ini bisa digunakan oleh pendidik (guru), diantaranya bahwa (1) umumnya guru saat ini sudah menggunakan alat komunikasi berbasis android (2) aplikasi ini sebagai solusi dalam menghemat biaya dibandingkan harus membeli media presentasi interaktif yang harganya lebih mahal seperti interactive whiteboard dan lainnya (3) guru tidak asing lagi menggunakan email sebagai fasilitas komunikasi data (4) aplikasi ini sangat mudah digunakan/friendly (5) aplikasi ini tidak membutuhkan data internet yang besar (hanya untuk keperluan login yang akan menghubungkan smartphone dan PC).

Saturday, 26 March 2016

Media Presentasi Guru


Aplikasi Video Scribe
Bagi seorang guru, kemampuan dalam menyampaikan materi pelajaran sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Sebagai guru profesional tentu hal ini dapat dilakukan dengan metode, strategi, pendekatan dan media ajar yang sangat komplek sehingga guru dituntut untuk lebih cerdas dalam mengatur strategi. Salah satu cara yang ditempuh adalah melalui media presentasi yang baik dan menarik, baik berupa media konvensional maupun berbasis teknologi.
Software Presentasi adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat file presentasi, biasanya digunakan untuk menerangkan, mengajar atau presentasi sebuah projek. Kegunaan dan manfaat Perangkat Lunak / Software Presentasi sangat banyak sekali dalam dunia usaha, pendidikan, kesehatan, teknik dan sebagainya, antara lain :

Wednesday, 23 March 2016

SUBSTANSI FILSAFAT ILMU

A. Filsafat sebagai landasan pemikiran
Menurut pengertian umum, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran. Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang hakikat. Dengan pengertian khusus, filsafat telah mengalami perkembangan yang cukup lama dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang kompleks maka timbul berbagai pendapat tentang arti filsafat dengan kekhususan masing-masing. Berbagai pendapat khusus tentang filsafat :
  • Rasionalisme yang menggunakan akal
  • Materialisme yang menggunakan materi
  • Idealisme yang menggunakan idea
  • Hedonisme yang menggunakan kesenangan
  • Stoikisme menggunakan tabiat saleh

Adapun filsafat sebagai landasan pemikiran dibuktikan secara rasionalisme oleh orang-orang sofis diantaranya :

Wednesday, 16 March 2016

PENDEKATAN SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

Manusia merupakan makhluk sosial yang diberikan berbagai potensi oleh Tuhan untuk mengembangkan diri dalam kehidupannya. Sebagai animal educandum, maka manusia pada dasarnya dapat dan harus dididik serta dapat mendidik dirinya sendiri dalam proses pengembangan dirinya. Mengingat potensi yang dimiliki manusia, maka harus dibekali dengan pendidikan yang cukup dini. Disisi lain banyak terjadi perubahan dalam kehidupan masyarakat seiring kemajuan globalisasi.

Tuesday, 15 March 2016

Filsafat Ilmu


1. Pengertian Filsafat Ilmu
Hakekat manusia adalah berpikir, setiap saat dari hidupnya, sejak lahir sampai ke liang lahat. Hampir taka da masalah yang terlepas dari jangakauan pemikirannya.Karena berpikir pada dasarnya merupakan proses yang membuahkan pengetahuan. Proses ini merupakan serangkaian gerak pemikiran dalam mengikuti jalan pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan yang berupa pengetahuan. Berbagai masalah yang telah dipecahkan sebagai hasil pemikiran manusia telah membuahkan banyak karya-karya monumental. Dan sebenarnya berapapun banyak atau beraneka ragamnya buah pemikiran manusia pada hakekatnya adalah upaya manusia dalam memperoleh pengetahuan yang didasarkan pada tiga masalah pokok yaitu : Apakah yang ingin diketahui? Bagaimanakah kita memperolehnya? dan apakah kegunaan atau manfaatnya bagi kita? Ketiga pertanyaan itulah yang mendasari cara berpikir filsafat.

Sunday, 13 March 2016

KETENTUAN UMUM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Pada dasarnya angka kredit jabatan fungsional guru diperoleh dari 4 (empat) jenis kegiatan pokok yaitu Pendidikan, Pembelajaran (PKG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Kegiatan Penunjang (Mak.10% AKK). Salah satu kegiatan guru dalam memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat adalah melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang terdiri dari :
  1. Pengembangan Diri (PD)
  1. Publikasi Ilmiah (PI) dan ;
  1. Karya Inovatif (KI). 

Saturday, 12 March 2016

BERBAGI FOTO DENGAN PANORAMIO

Panoramio Untuk Pendidikan
Panoramio merupakan salah situs berbagi foto milik google yang berorientasikan geolokasi untuk membantu kita dalam perjalanan atau merencanakan perjalanan (touring). Foto-foto yang telah diunggah (upload) sebelumnya kedalam akun Panoramio bisa diakses melalui berbagai cara seperi melihatnya langsung melalui situs web panoramio, melalui Google Maps, Google Earth ataupun yang lainnya.
Dengan kemajuan teknologi dan sumber data yang dibagikan (share) maka Panoramio bisa dijadikan salah satu sumber belajar selain membantu kita dalam perjalanan. Sejalan perkembangan teknologi dan gadget atau divice telekomunikasi, tentu fitur Panoramio terus dikembangkan untuk memudahkan dan memanjakan pengguna. Sebagai pendidik, tentunya sumber informasi yang berorientasi geolokasi ini sangat membantu dalam memberikan informasi yang akurat kepada peserta didik, khususnya pada mata pelajaran IPS atau Geografi.

INSTRUMEN DUPAK PERMENPAN No.16 Th.2009

Seiring perjalanan waktu, syukur bersyuku rekan-rekan guru khususnya didaerah sudah mulai dan mau belajar untuk meningkatkan kompetensi, serta menyadari tugas dan kebutuhannya.
Sehubungan banyaknya rekan-rekan guru yang bertanya tentang proses pengerjaan Daftar Usul Perhitungan Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Fungsional Guru serta blanko pemberkasan yang biasa digunakan, maka saya coba bantu menyiapkan beberapa blanko yang diperlukan. 
Semoga bermanfaat.

Silakan klik link dibawah ini untuk didownload.
Instrumen PK Kepsek >> Klik disini 

Instrumen PK Wakasek >> Klik disini 
Instrumen PK Labor >> Klik disini 

Thursday, 10 March 2016

MENDU NATUNA

Kesenian Mendu
Mendu merupakan salah satu budaya Melayu Natuna bernuansa kerakyatan dengan menggunakan berbagai media ekspresi seperti teater, tarian dan musik. Teater yang tergolong dalam kelompok seni pertunjukan rakyat ini yang memiliki ciri khusus yaitu pementasannya didahului dengan bunyi tabuhan gendang untuk mengundang penonton, pembukaan dengan nyanyian dan tarian, memperkenalkan para pemain satu persatu, dan nyanyi bersama yang dipimpin  oleh pemain utama sekaligus sebagai sutradara yang menyampaikan jalan cerita yang terdiri dari beberapa bagian atau babak cerita. Babak penyelesaian adegan berupa pertempuran, kemenangan dan kekalahan, yang ditutup dengan adegan penutup yaitu ditutupnya layar bagian akhir dari pertunjukan mendu.

Wednesday, 9 March 2016

CARA MEREKAM SCREEN ANDROID

Lollipop Screen Recording Untuk Media Pembelajaran
Berbagai cara bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran agar lebih menarik, diantaranya menyisipkan video tutorial yang bisa direkam dari gadget android anda. Salah satu aplikasi android yang bisa dimanfaatkan yaitu Lollipop ScreenRecording yang bisa diperoleh dari Google Play.

Berikut ini langkah sederhana untuk mendownload dan membuat rekaman pada gadget android anda. Dibawah ini video tutorialnya.



Penyebab Anak Malas Belajar


Memahami anak sebagai individu yang sedang menjalani tahapan-tahapan dalam masa pertumbuhannya, diperlukan kesabaran ekstra. Demikian pula ketika mendapati anak yang telah memasuki usia sekolah begitu malas belajar. Mengandalkan guru untuk menyelesaikan masalah? Tentu tak bisa begitu.

Robert D.Carpenter MD salah seorang peneliti yang pernah mengadakan pengamatan terhadap perkembangan belajar murid sekolah dasar di California, Amerika Serikat. Dalam pengamatannya ditemukan adanya penyebab mengapa anak-anak kerap mengalami masalah dalam belajar yang cenderung membuat mereka jadi malas. Berikut ini empat penyebab yang kerap terjadi dan menyebabkan anak malas belajar.



1. Komunikasi tidak efektif

Ingat, target kita berkomunikasi adalah memastikan bahwa ‘pesan’ yang ingin kita sampaikan kepada penerima pesan (anak) diterima dengan benar. Tentu orangtua ingin agar anak mengerti, menyukai dan melakukan apa-apa yang dipikirkan orangtua. Komunikasi yang efektif juga bisa mengungkapkan kehangatan dan kasih sayang orangtua, misalnya, “Ayah bangga sekali, kamu sudah berusaha keras belajar di semester ini.”
Coba ingat-ingat bagaimana pola komunikasi yang kita bangun selama ini. Sudahkah anak-anak menangkap pesan yang kita sampaikan sesuai dengan yang kita maksud?

Tips Sukses Menjadi Guru ala Gisele Glosser

Pada kesempatan ini saya mencoba berbagi tips sukses bagi guru menurut Gisele Glosser yang diadopsi dari beberapa tulisan sumber yang ada. Dibawah ini beberapa hal yang dapat dijadikan tips oleh guru dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.
  1. Berpikir kritis dan usaha yang jujur lebih penting daripada jawaban yang benar. Cobalah untuk tidak mengerutkan kening ketika siswa memberikan jawaban yang salah atau keliru. Mengerutkan kening seringkali ditafsirkan sebagai bahasa isyarat penolakan yang dapat menghambat siswa untuk berpartisipasi dalam mengekspresikan pemikirannya. 
  2. Tidak ada pengajaran tanpa pengendalian. Lebih baik Anda bersusah payah pada hari-hari awal masuk sekolah untuk menemukan cara-cara terbaik dalam mengelola kelas dan mendisiplinkan siswa, daripada Anda harus melakukan perjuangan berat sepanjang semester karena Anda tidak berhasil menemukan cara yang paling efektif dalam pengelolaan kelas.

Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Dasar pelaksanaan PKG adalah Permenpan-RB 16/2009. PK Guru adalah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya.
Pelaksanaan PKG meliputi penilaian formatif dan sumatif. Dalam satu tahun pelajaran, sekurang-kurangnya sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada awal dan akhir tahun pelajaran yang artinya setiap semester guru akan dinilai kinerjanya.

Tujuan dan fungsi PKG adalah :
  1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah.
  2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan atau pelaksanaan tugas tambahan yang dilakukan pada tahun penilaian.

Monday, 7 March 2016

Perkalian Dengan Jari Tangan

Assalamualaikum wr.wb.

Untuk mengisi waktu luang kali ini saya mencoba berbagi ilmu untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan, khususnya perkalian menggunakan jari tangan kita.
Tuhan menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna dengan berbagai manfaat yang ada pada tubuh manusia, agar kita berpikir dan bersyukur dengan segala karunia-Nya. Terkadang kita lupa atau bahkan mengingkari keunggulan kita sebagai manusia dari makhluk lainnya yang diciptakan Tuhan.
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita melakukan penghitungan dan saat sibuk, panik atau diburu waktu, terkadang kita salah dalam melakukan penghitungan yang bahkan sederhana sekali. Kebiasaan dan ketergantungan dengan teknologi (alat hitung kalkulator) membuat kita lupa bahwa bagian tubuh kita bahkan bisa menjadi alat hitung yang sederhana, efektif dan efisien. 

Berikut ini saya mencoba berbagai ilmu cara berhitung sederhana ( 7 x 9 ) dengan memanfaatkan "jari tangan" untuk perkalian 6 hingga 10.

Posting Pertama dari Blog Kedua

Assalamualaikum wr.wb.

Setelah beberapa tahun (sejak 2014) tidak menulis berita atau informasi di Blog karena berbagai kesibukan dan beberapa kendala yang ada, kini saya mencoba kembali aktif di dunia maya melalui blog baru ini.
Sebagai profesi pendidik tentu saya dituntut untuk lebih banyak menulis dan berbagi ilmu, yang tidak hanya terbatas pada aspek pendidikan. Ilmu pengetahuan dan informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan mengingat ilmu pengetahuan merupakan dasar dalam memberikan informasi dengan benar dan baik. Sebaliknya, informasi yang tersedia sebagai jembatan dalam membentuk ilmu pengetahuan baru.